Cara Mengatasi Pedal Gas Kurang Responsif Pada Mobil Dengan Teknologi TBW

Cara Mengatasi Pedal Gas Kurang Responsif Pada Mobil- Throttle By Wire (TBW) adalah sebuah teknologi pada mobil yang memungkinkan sebuah pedal gas tidak lagi menggunakan kabel untuk menarik throttle. Kabel tersebut diganti dengan sensor-sensor yang terintegrasi dengan ECM (electronic kontrol modul). Bagi anda pemilik mobil yang mengaplikasikan teknologi throttle by wire seperti suzuki splash, swift maupun toyota alphart seringkali mengalami pedal gas yang kurang responsif. Untuk itu berikut ini adalah cara mengatasi pedal gas yang kurang responsif.
Cara Mengatasi Pedal Gas Kurang Responsif Pada Mobil Dengan Teknologi TBW
teknologi trhottle by wire
Cara mengatasi pedal gas yang kurang responsif tersebut bisa dilakukan dengan menambah perangkat throtte controller yang banyak dijual di pasaran. Namun jika anda tak mau merogoh kocek yang dalam bisa dilakukan dengan trik yang sudah cukup populer yaitu dengan memotong pegas pada pedal gas. Berikut ini adalah caranya:
1. Dengan menggunkan kunci 10, kendorkan baut pengikat pada throttle module
2. Dengan menggunkan kunci L (bintang) bukalah cover dari trhottle module tersebut.
3. Jika sudah maka akan terlihat sebuah pegas, keluarkanlah dengan mencongkelnya menggunakan obeng (-).
4. Potonglah pegas tersebut menggunkan gerinda atau semacamnya.
5. Pasang kembali semua komponen seperti semula.
Cara Mengatasi Pedal Gas Kurang Responsif Pada Mobil Dengan Teknologi TBW
pegas pada throttle module
Cukup mudah bukan untuk mengatasi pedal gas yang kurang responsif pada mobil dengan teknologi TBW ini. Dengan memotong pegas, mobil anda akan kembali responsif bahkan lebih responsif dari bawaanya.