Perhatikan 5 Penyebab Aki Cepat Tekor Berikut Ini

Penyebab Aki Cepat Tekor - Baterai atau aki pada sebuah sepeda motor memang memiliki peran yang cukup vital. Komponen ini berfungsi sebagai sumber kelistrikan seperti elektrik starter, lampu, klakson dan lain sebagainya. Jika aki tekor atau teganganya lemah, akibatnya beberapa sistem kelistrikan pada sepeda motor tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Masalah ini memang kerap menjumpai para biker. Sebelum anda memvonis aki sudah jelek, sebaiknya dilakukan cek and ricek terlebih dahulu untuk mengetahui masalah sebenarnya. Jika anda langsung mengganti aki, tanpa melakukan pemeriksaan terlebih dahulu bisa saja aki yang baru juga mengalami tekor.
Perhatikan 5 Penyebab Aki Cepat Tekor Berikut Ini


Ada banyak faktor yang menjadi penyebab aki cepat tekor, utamanya bagi anda yang gemar melakukan modifikasi atau menambah aksesoris tanpa melakukan penyesuaian Misalnya saja memasang klakson yang tidak sesuai seperti model keong, memasang lampu HID bahkan melakukan bore up pun bisa menyebabkan aki cepat tekor. Selain itu kerusakan pada beberapa part seperti kiprok juga bisa menjadi biang keroknya. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Penyebab Aki Cepat Tekor 

1. Klakson
Sering kali kita jumpai para biker yang memasang klakson mobil di sepeda motor. Modifikasi ini tentu tidak dianjurkan karena piranti tersebut membutuhkan suplai listrik yang besar.
2. Kiprok
Komponen ini fungsi utamanya adalah untuk membatasi tegangan dari generator atau yang biasa disebut spull Perlu anda ketahui besarnya tegangan yang dikeluarkan generator ini tergantung pada putaran mesin, artinya semakin tinggi putaran mesin maka semakin tinggi pula tegangan yang dikerluarkan. Nah karena tegangan tersebut digunakan untuk mengisi baterai maka besarnya harus dibatasi. Jika kiprok rusak maka imbasnya baterai akan mengalami overcharging atau sebaliknya. Untuk itu lakukan pengecekan apakah pengisian normal atau tidak. Caranya dengan menghidupkan mesin antara 4000- 5000 RPM kemudian periksa tegangan pengisian. Tegangan pengisian yang baik adalah 14-15 volt.
3. Bore Up
Mungkin anda bertanya-tanya, kenapa bore up bisa menyebabkan aki menjadi tekor. Banyak para biker yang melakukan bore up guna meningkatkan kapasitas silinder, akan tetapi tanpa diikuti upgrade elektrik starter. Akibatnya karena kompresi tinggi, elektrik starter menjadi sangat berat untuk memutarkan mesin. Lantaran terus dipaksa, aki bisa menjadi tekor.
4. Lampu HID
Memasang lampu HID memang membuat nyala lampu lebih terang ketimbang standarnya. Namun perlu diingat perangkat ini membutuhkan suplay listrik yang besar. Jika tidak disesuaikan dengan spul pengisian, akibatnya aki cepat tekor.
5. Stop Lamp
Sering kejadian, stop lamp nyala terus meski tuas rem tidak ditekan. Jika anda tidak segera mengatasinya maka arus listrik dari baterai akan mengalir terus, otomatis aki cepat tekor. Penyebabnya adalah switch rem yang rusak.

Itulah 5 penyebab aki cepat tekor yang sering kita abaikan. Untuk itu jika anda melakukan modifikasi atau menambah aksesoris tertentu, lakukan penyesuaian pada kelistrikanya agar aki tidak mudah tekor.