Ragam Cairan Pembersih Karat Untuk Motor Usai Terjang Banjir

Cairan Pembersih Karat Untuk Motor - Musim hujan seperti saat ini memang menimbulkan beberapa masalah pada kendaraan, salah satunya adalah memicu terjadinya karat. Perlu anda ketahui bahwa air hujan memiliki tingkat ke asaman yang lebih tinggi dibanding air tawar. Oleh karena itu air hujan bisa memicu terjadinya karat pada sejumlah komponen pada kendaraan. Komponen seperti baut, jari-jari rantai dan gir adalah yang paling rawan terserang karat jika tidak segera di bilas dengan air. Akan tetapi jika sudah terlanjur tidak sempat membersihkan karena kesibukan, anda tak perlu panik. Pasalnya saat ini banyak dijual dipasaran cairan pengusir karat yang cukup ampuh mengusir karat dari motor anda. Apa saja cairan pembersih karat tersebut? ini beberapa diantaranya

Ragam Cairan Pembersih Karat Motor

1. Penetran
Cairan ini merupakan cairan kimia yang dibuat untuk merontokan karat. Terkadang kita temui baut-baut di motor seperti di swing arm, roda, jika sudah lama tidak dibuka akan susah dikendorkan. Nah hanya dengan menyemprotkan cairan ini maka kotoran dan karat akan rontok karena cairan ini mampu menembus ke pori-pori. Jadi setelah disemprot pasti akan lebih mudah dibuka. Beberapa penetran ada juga yang dilengkapi dengan pelumas. jadi selain membersihkan kotoran dan karat, bisa juga untuk melumasi bagian-bagian seperti swing arm pada motor atau ensel pintu pada mobil. Beberapa penetran ada juga yang bisa digunakan untuk mengurangi kelembaban kabel busi. Beberapa penetran yang dijual dipasaran diantaranya cyclo brake away, cyclo absolute fusion, Top1 RG80. Permatex Ultra Slick, WD-40 Smart Straw, 3 inc 1 Profesional, dan masih banyak lainya. Untuk harga cairan pembersih karat ini berkisar Rp 50 ribu hingga Rp 200 ribu untuk setiap botolnya.

2. Chain Lube
Mungkin diantara anda pernah mengalami ketika motor habis diguyur hujan, rantai menjadi seret. Bagian rantai memang sangat rawan terserang karat akibat air hujan. Untuk mengatasinya anda bisa menyemprotkan cairan pembersih rantai yang juga berfungsi sebagai pelumas. Beberapa produk chain lube yang banyak dijual dipasaran diantaranya G-Zox, Motorex, Motul, Megacool, Master dan lain sebagainya. Harganya bervariasi, paling murah bisa anda dapatkan seharga Rp 15 ribu, namun ada juga yang dibanderol hingga ratusan ribu rupiah.

Nah itulah beberapa cairan pembersih karat yang bisa anda gunakan untuk merontokan karat pada motor anda. Sebaiknya jika motor anda habis digunakan untuk menerjang banjir, segeralah dicuci dengan air bersih, Semoga informasi diatas bermanfaat untuk pembaca sekalian. Salam otomotif!