Cara Mengganti Minyak Rem Sepeda Motor Dengan Mudah

Cara Mengganti Minyak Rem Sepeda Motor - Mungkin kalian pernah mengalami rem depan tidak begitu pakem, padahal kampas rem masih tebal. Hal tersebut disebabakan oleh kondisi minyak rem entah itu memang volumenya sudah berkurang atau tercampur dengan udara. Minyak rem dalam sistem rem cakram berfungsi sebagai media untuk menyalurkan tenaga dari tuas rem ke kaliper rem untuk mendorong kampas rem. Apabila volumenya kurang tentu saja dampaknya kinerja rem tidak optimal. Akan tetapi terkadang meski volume minyak masih banyak tetap saja rem tidak pakem. Nah masalah seperti itu biasanya disebabkan oleh adanya udara palsu yang berada di dalam sistem.

Sifat udara yang kompresibel membuat gaya dari tuas rem tidak diteruskan secara optimal sehingga kampas rem tidak mencengkram secara baik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut caranya adalah dengan melakukan bleeding atau mengeluarkan udara dari sistem rem. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut
  1. Siapkan selang transparan dan pasang pada baut nepel di kaliper.
  2. Tekan tuas rem secara berulang-ulang dan tahan
  3. Kendorkan baut nepel maka minyak rem bersama udara akan keluar.
  4. Kencangkan kembali baut nepel.
  5. Lakukan langkah diatas sampai udara habis.
Cara diatas dilakukan ketika rem anda tidak pakem akan tetapi kampas rem masih tebal. Kembali ke topik yakni mengganti minyak rem pada sepeda motor. Sebenarnya minyak rem bisa bertahan dalam waktu yang lama, sehingga anda tidak perlu melakukan penggantian dalam waktu yang cepat layaknya oli. Penggantian minyak rem sebaiknya dilakukan setiap 20.000 Km. Hanya saja anda perlu mengecek volumenya. Volume minyak rem yang baik adalah berada diantara garis lower dan upper pada master rem. Jika ternyata volume minyak rem dibawah garis lower sebaiknya di isi dengan cara sebagai berikut.

Cara Mengganti Minyak Rem Sepeda Motor
  1. Buka kedua buah baut pada master rem.
  2. Pasang selang pada baut nepel lalu kendorkan
  3. Biarkan minyak rem mengalir lalu kencangkan kembali bautnya
  4. Tuangkan minyak rem baru pada master rem.
  5. Lakukan proses bleeding seperti yang saya jelaskan diatas.
  6. Pastikan volume minyak rem berada dantara garis lower dan upper
  7. Pasang kembali tutup master dan pasang kedua buah bautnya.

Demikianlah tadi cara mengganti minyak rem sepeda motor. Yang harus diperhatikan, berhati-hatilah saat menuangkan minyak rem jangan sampai mengenai cat motor. Karena jika sampai mengenai cat maka akan merusak cat.