Cara Memasang Spion Lipat Elektrik Pada Toyota Avanza

Toyota Avanza bisa dikatakan rajanya MPV, mengingat penjualannya dari tahun-ketahun yang tinggi. Nah jika anda adalah salah satu pemiliknya, dan ingin tampil beda dengan yang lain maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan dengna memodifikasi fitur-fitur fungsionalnya. Salah satunya adalah dengan memasang spion yang dapat dilipat secara electric dan otomatis layaknya mobil mewah. Saat ini di pasaran telah beredar motor retractable untuk spion Toyota Avanza. Anda bisa memasangnya, namun ada syaratnya yakni spion harus sudah memiliki sistem electric mirror.
Cara Memasang Spion Lipat Elektrik Pada Toyota Avanza
Spion Lipat Elektrik Pada Toyota Avanza
Untuk cara pemasangan spion lipat elektrik ini memang lumayan ribet, namun jika dilakukan secara teliti anda pasti bisa melakukanya. Memang anda harus membuka doortrim, nah biasanya yang biasa pasang alarm pasti tidak kesulitan untuk melakukanya. Berikut ini langkah-langkah cara memasang spion elektrik pada all New Toyota Avanza:

  1. Lepaskah terlebih dahulu door trim depan untuk melepas tiang spion. Lepas juga kable elektrik mirror dari socketnya.
  2. Langkah kedua tekuk kaca spion kedalam lalau congkel secara hati-hati dengan menggunakan jari. Jika kaca sudah terlepas buka cover spion dari dudukanya maka akan terlihat sebuah motor electrik yang terpasang di rumah cover.
  3. Lepas tiga baut dudukan motor menggunakan obeng plus dan lepaskan juga tiga baut rangka pada dudukan spion.Jika sudah sekarang tinggal memasang motor retrackt pada dudukan dan selipkan kabel pada tiang spion.
  4. Setelah motor electric terpasang lanjut dengan memasang electric mirror. Setelah itu sambung kabel ke switch atau soket yang sudah ada.
  5. Agar bisa melipat secara otomatis, anda cukup menjumper dua kabel tersebut ke alarm yang akan hidup jika alarm aktif.
  6. Jadi saat tombol alarm diaktifkan maka spion akan melipat, namun bila kunci kotan dalam keadaan "on" maka spion terbuka secara otomatis.
Demikainlah tadi cara memasang spion lipat elektrik pada Toyota Avanza sehingga terlihat seperti mobil-mobil mewah. Untuk harga motor retract sendiri adalah Rp 1,2 juta tanpa modul auto retract. Untuk modul auto retarct sendiri dijual seharga Rp 300 ribu.