Cara Mudah Upgrade Honda Vario 110 Fi

Upgrade Honda Vario 110 Fi -Beberapa waktu lalu Honda memperkenalkan motor teranyarnya. Adalah vario 110 Fi sebuah motor matic berkapasitas 110 cc dan telah menggunakan sistem injeksi. Beberapa fitur terbarupun disematkan ke dalam Vario 110 Fi, salah satunya adalah ABS atau Answer Back System. Dengan fitur ini pemilik kendaraan tinggal memencet tombol pada remote untuk mencari motornya di areal yang luas seperti di tempat parkir. Dengan sekali pencet maka Honda Vario 110 Fi akan menjawab dengan nada khusus dan kedipan lampu sein.
Cara Mudah Upgrade Honda Vario 110 Fi
Honda Vario 110 Fi

Bagi anda pemiliki Honda Vario 110 Fi tentunya yang suka otak-atik motor, mungkin sudah gatel untuk mengupgrade Honda Vario 110 Fi. Disini saya mempunyai trik mudah agar tenaga Honda Vario 110 Fi bisa terdongkrak. Jika dilihat dari basis mesinya, Honda Vario 110 Fi ini hampir sama dengan saudaranya yakni Honda BeAt Fi. Oleh karena itu part pendukungnyapun tak jauh beda. Cara mudah untuk upgrade Honda Vario110 Fi ini adalah dengan mengganti 3 komponen. Apasajakah 3 komponen yang bisa mendongkrak tenaga Honda 110 Fi tersebut? Berikut ini adalah penjelasanya:

Knalpot R9
Agar proses pembuangan bisa berjalan optimal diperlukan sebuah knalpot freeflow. Untuk itu saya menyarankan menggunakan knalpot freeflow merk R9 yang bisa ditebus dengan harga sekitar Rp 800 ribu. Knalpot ini berbahan full stainless steel dengan silencer yang berwarna pelangi. Pemasanganya sangat mudah karena tidak perlu mengubah apapun.

ECU aRacer
Sepeda motor dengan sistem injeksi, suplay bahan bakar sepenuhnya diatur oleh ECU. Oleh karena itu jika anda mempunyai budget lebih bisa mengganti ECU standar dengan ECU Aftermarket. Anda bisa mencoba ECU aRacer Mini yang dibanderol Rp 2,6 juta. Pemasanganya tinggal cabut ECU asli dan langsung colokan ke ECU yang baru. Keunggulan dari ECU ini ada map adjusternya sehingga bisa distel sesuai keinginan, ada 8 map yang bisa anda stel.

Koil Protec 
Pembakaran yang sempurna juga tidak bisa dilepaskan dari sistem pengapian. Agar sistem pengapian lebih optimal bisa dilakukan dengan mengganti koil berlabel Protec. Piranti yang satu ini sudah mengusung sistem TCI, sehingga bisa diaplikasikan pada motor-motor berteknologi injeksi. Harganya berkisar Rp 190 ribuan. Pemasanganya tinggal menggantikan koil standarnya yang berada di bodi kanan dekat dengan rangka.

Nah Upgrade Honda Vario 110 Fi dengan cara mengganti 3 komponen diatas sudah didapatkan kenaikan tenaga dan torsi. Kalau tidak percaya anda bisa mengetesnya menggunakan Dynometer. Tenaga maksimal Honda Vario 110 Fi adalah 7,457 dk pada 7.600 rpm kemudian naik menjadi 8,035 dk pada 7.100 rpm. Sedangkan torsinya meningkat dari 7,638 Nm pada 6.000 rpm menjadi 8,976 Nm pada 6.400 rpm. Memang untuk mengganti 3 komponen diatas tidak dibutuhkan biaya yang sedikit, namun bagi anda yang berdompet tebal tentu bukan menjadi masalah demi mengupgrade Honda Vario 110 Fi.