Bore Up Vario 125 Jadi 170 CC Aman Untuk Harian

Bore Up Vario 125-Siapa bilang motor injeksi susah diotak-atik mesinya untuk sekedar meningkatkan performa. Buktinya saat ini skutik-skutik berinjeksi banyak dijumpai di arena balap. Salah satu skutik dengan teknologi injeksi yang sering di upgrade performanya adalah Vario 125. Honda vario 125 ini dijual dengan dua variant yakni versi standard an versi ISS. Perbedaan dari keduanya terletak pada striping, speedometer serta teknologi ISS itu sendiri. ISS atau Idling Stop System adalah sebuah teknologi yang memungkinkan kendaraan anda mati secara otomatis beberapa detik saat posisi idle. Untuk menghidupkanya kembali cukup dengan memutar handle gas. Jika anda salah satu pemilik Honda Vario 125 anda bisa melakukan upgrade performanya melalui langkah-langkah berikut ini. Bahkan Vario 125 ini bisa di bore up hingga 170 cc dan bisa digunakan untuk harian bahkan untuk touring.
Bore Up Vario 125 Jadi 170 CC Aman Untuk Harian
Bore Up Vario 125 Jadi 170 CC Aman Untuk Harian

Bore up pada vario 125 untuk harian memang tidak mengubah secara ekstrim. Untuk menambah kapasitas ruang bakar salah satunya dengan mengganti blok mesin dan seher aftermarket berdiameter 61 mm. Dengan hanya penggantian dua komponen tersebut kapasitas mesin sudah membengkak menjadi 170 cc. Karena ruang bakar semakin besar maka injektor sebagai pemasok bahan bakar juga perlu disesuaikan. Alternatifnya bisa menggunakan injector milik Honda PCX 150. 

Selanjutnya masuk ke sector CVT. Agar pada tarikan lebih enteng roller perlu diganti, bisa menggunakan roller besutan TDR dengan berat 15 gr. Puli depan diganti dengan yang memiliki kemiringan agak tirus, alternatifnya bisa menggunakan puli merek SPS. Per CVT milik Honda Beat bisa diaplikasikan guna menahan kampas kopling ganda. Terakhir untuk memperlancar aliran gas buang, knalpot berlabel tsukigi bisa diaplikasikan pada Vario 170 cc anda. Dengan perubahan tersebut tenaga yang dihasilkan vario yang awalnya berkapasitas 125 cc inipun terdongkrak cukup besar. Tenaga yang awalnya hanya 9 dk pada putaran 8.900 rpm kini naik menjadi 12,99 dk pada putaran 7.700 rpm. Torsi maksimum yang dihasilkan pun bertamabah yakni dari 8,54 pada putaran 5.700 rpm menjadi 12,92 Nm pada putaran 5.800 rpm. Demikianlah cara bore up vario 125 yang aman untuk harian.